Cara Mengatasi Listrik Jeglek (OFF)

Bagi rumah tangga yang daya listrik pas-pasan (450 watt), tentu sering mengalami mcb listrik tiba-tiba "jeglek" (off) saat menyalakan tv, atau alat rumah tangga lainnya. Penyebabnya, saat tv mau nyala terjadi lonjakan beban sehingga arus litrik yang terpakai juga ikut naik. Akibatnya mcb langsung off otomatis karena arus sudah melewati batas.

Pada daya 450 watt, atau 2 A, bila tegangan normal 220 volt maka daya maksimum adalah 220 kali 2 = 440 watt. Tapi pada daerah yang jauh dari gardu listrik, apalagi pada beban puncak jam 6 sore sampai 9 malam, tegangan bisa drop menjadi 180 sampai 200 volt saja. Artinya, dengan tegangan 200 volt jadi daya maksimum hanya 200x2 adalah 400 watt saja. Jadi konsumen dirugikan 50 watt.

Bila mcb sering jeglek, coba hitung ulang daya yang sudah terpakai. Hitung berapa watt tiap lampu yang ada, pemakaian kulkas, pompa air, tv, dll. Apakah totalnya sudah melebihi kemampuan mcb? Bila lebih, sudah waktunya Anda mengganti lampu dengan yang wattnya lebih rendah. Jangan menggunakan lampu TL, karena konsumsi listrik mendekati 180% dari daya yang tertulis pada TL. Hal ini karena adanya kumparan pada perangkat box TL. Gunakan lampu hemat energi. Atau berpikir untuk menaikkan daya listrik yang berarti menambah pengeluaran bulanan untuk bayar rekening listrik.

Teliti, perlengkapan listrik mana yang biasa menyebabkan mcb jeglek, biasanya televisi atau pompa air. Misalnya tv, maka pada tv ini kita tambahkan Resistor (tahanan).

Beli resistor di toko elektronik, bentuknya kotak panjang berwarna putih dengan elektroda pada kedua ujungnya. Pada badan resistor biasa tertulis sekian ohm dan wattnya (misal 10 ohm 20 watt). Harga berkisar 1 ribu sampai 3 ribu.

Caranya, kabel listrik dari tv ke jack listrik, ada 2 (satu ground satunya positif) potong salah satu saja. Kemudian resistor tadi disambungkan ke bekas kabel yang kita potong tadi. Sambungan bila perlu disolder, lalu diisolasi. Lebih jelasnya lihat gambar ini.



Hasilnya, coba sendiri. Dijamin listrik gak mudah jeglek lagi.

9 comments:

  1. thanks gan infonya sangat bermanfaat
    salam kenal juga kunjungi balik website kami di http://www.rajalistrik.com/

    ReplyDelete
  2. gan untuk pompa air yang sesuai pakai resistor yang ukuran berapa ya gan makasih atas infonya

    ReplyDelete
  3. gan untuk pompa air yang sesuai pakai resistor yang ukuran berapa ya gan makasih atas infonya

    ReplyDelete
  4. dirumah saya pakai mcb tambahan untuk membagi. ada mcb u lampu, mcb u socket, mcb u mesin cuci& pompa air, . u mcb socket setelah beberapa jam turun. saya sudah check tidak ada yg conslet. itu kenapa ya ? tks

    ReplyDelete
  5. apakah Tv tdk mudah rusak jika dpasangkan resistor siapa tau ada dampaknya mas

    ReplyDelete
  6. Klw yg untuk 750 wat ada gk mas jualnya

    ReplyDelete
  7. RAHMAD
    Sebenarnya, kata yang paling umum digunakan utk Menyebut MCB Trip, apakah MCB Turun,MCB Jepret, MCB Jeglek, atau apa, ya?

    Thanks

    ReplyDelete
  8. Saya sudah bikin pake R kapur 39 ohm/ 20 watt kok masih jeglek ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kang punya saya gitu jugak butuh pencerahan dari masternya nie

      Delete