3 Cara Memperbaiki Setrika yang Tidak Panas Paling Mudah

Cara memperbaiki setrika yang tidak panas sebenarnya relatif mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Pengguna setrika baik jenis setrika listrik atau setrika uap pada umumnya adalah para ibu rumah tangga dan remaja putri, oleh karena itu ketika setrika tidak panas hal pertama yang mereka lakukan adalah membawa unit setrikaan kepada tukang reparasi. Padahal, jika mereka tahu apa yang menjadi penyebab setrika tidak panas maka bahkan mereka yang sangat awam dengan masalah elektronik juga bisa memperbaikinya sendiri.

Alat-alat Yang Diperlukan untuk Memperbaiki Setrika
Untuk memperbaiki setrika yang tidak panas, sebelum memulai ada baiknya mempersiapkan terlebih dahulu alat-alat yang dibutuhkan.
  • Obeng dengan ujung – dan +
  • Alat AVO Meter
  • Alat pemotong kabel (cutter atau gunting)
  • Isolasi

Penyebab Setrika Tidak Panas dan Solusinya
Setelah mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan saatnya mencari tahu masalah mengapa setrika tidak panas. Beberapa poin berikut adalah beberapa penyebab utama setrika tidak mau panas yang paling sering ditemui. (baca juga: Penyebab Kerusakan Setrika, Jenis Kerusakan Setrika Uap)
1. Terjadi Masalah pada Sambungan Arus Listrik
Hal ini biasanya ditandai dengan tidak menyalanya lampu indikator pada setrikaan. Untuk memastikan bisa menggunakan alat AVO meter untuk mengecek kondisi kabel setrikaan. Jika tidak terdapat reaksi maka ada masalah pada kabel setrikaan tapi jika ada reaksi pada AVO meter maka kemungkinan besar yang menjadi masalah adalah justru stop contact penghubung arus.
Solusi:
Jika yang menjadi masalah adalah stop contact penyedia arus listrik maka sebaiknya menghubungi tukang listrik atau seseorang yang memang ahli dalam listrik. Namun jika yang bermasalah pada kabel setrikaan maka bisa dicoba untuk diperbaiki sendiri. Caranya adalah mencari masalah kabel yang putus dan ketika sudah ditemukan bisa disambungkan kembali dengan menggunakan isolasi untuk memastikan kabel tidak putus lagi.

2. Alat Pengatur Suhu tidak Bekerja
Pada kondisi ini setrika tidak mau panas padahal arus listrik sudah disalurkan yang diindikasikan dengan lampu indikator pada unit setrikaan yang menyala. Jika hal ini terjadi maka kemungkinan besar yang menjadi masalah adalah pada alat pengatur suhu setrikaan tidak berfungsi dengan baik. Saat ini semua jenis setrika listrik otomatis akan dilengkapi dengan alat pengatur suhu sehingga memudahkan untuk mengatur suhu setrikaan sesuai kebutuhan dan juga bisa bekerja secara otomatis.
Dengan kata lain jika setrika terlalu panas maka lempeng bimetal akan otomatis kembali ke posisi semula sehingga suhu turun begitu pula sebaliknya ketika suhu kembali turun secara otomatis lempeng bimetal akan melengkung dan suhupun perlahan naik. Masalah yang sering terjadi pada lempeng ini adalah ketika sistem itu terganggu yang biasanya disebabkan adanya penumpukan debu dipermukaan lempengan sehingga lempeng tersangkut dan setrika tidak mau panas. 
Solusi:
Solusinya sangatlah mudah yaitu hanya dengan membuka komponen setrikaan sampai terlihat lempeng bimetal yang posisinya berada di bawah gagang setrikaan. Kemudian mulai membersihkan debu-debu yang biasanya menggumpal dipermukaan lempeng. Setelah bersih pasang kembali komponen setrikaan dan setrikaan bisa digunakan kembali.

3. Lempeng Pemanas Sudah Aus
Ketika setrika tidak panas disebabkan oleh lempeng pemanas biasanya terjadi setrika yang sudah berumur tua. Lempeng pemanas berfungsi untuk mengantarkan panas namun karena umur yang sudah tua dan penggunaan yang terus menerus juga dapat menyebabkan lempeng pemanas aus.
Solusi:
Solusinya adalah lempeng pemanas yang aus tidak dapat diperbaiki tapi harus diganti. Tidak sulit menempukan lempeng pemanas di toko-toko yang menjual alat-alat listrik, namun harus dipastikan bahwa ukuran lempengnya sama persis jika ingin diganti.
Ternyata cara memperbaiki setrika yang tidak panas tidaklah terlalu sulit dan bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan oleh mereka yang sama sekali tidak memiliki pengalaman dengan unit elektronik karena memang cara kerja setrika listrik cukup mudah sehingga komponennya pun mudah untuk dipahami.

No comments:

Post a Comment