Cara Memperbaiki MP3 Player Yang Mati Total

Ada banyak penyebab kerusakan pada mp3, yaitu kerusakan komponen karena jatuh, terendam air dan juga kerusakan pada firmwarenya. Sebagian besar kerusakan pada MP3 terjadi karena kesalahan saat kita hendak mengupgrade firmware. Mungkin anda masih asing dengan istilah firmware. Firmware merupakan software yang tertanam di dalam MP3. Tampilan fisik firmware dapat dilihat dengan gambar yang ada pada layar MP3 yang berfungsi sebagai interface untuk membantu kita mengakses fitur yang ada seperti radio, record dll. Biasanya kebanyakan orang mengupgrade firmware dengan harapan tampilan firmwarenya akan menjadi lebih baik. Namun perlu diperhatikan bahwa firmware akan mengalami kerusakan bila updateannya tidak sesuai. Akibatnya mp3 kita mati total, bahkan untuk digunakan menyimpan datapun tidak akan bisa. Namun bila mp3 anda terlanjur mati total tidak perlu khawatir karena masih ada cara untuk memperbaiki mp3 anda.

Yang pertama harus anda lakukan adalah membuka casing mp3 anda kemudian hubungkan dengan komputer. Jangan lupa catat kode yang tertera di papan chip nya misalnya ATJ 2085.
Sekarang ambil pinset kemudian tempelkan pinset di bagian kaki chipsnya. Tahan sampai muncul peringatan "found new hardware" di computer.
Sekarang coba Install ulang driver MP3.
Nah sampai disini MP3 anda sudah dapat digunakan untuk menyimpan data.
Sekarang ambil CD drivernya dan cari file firmwarenya, biasanya berekstensi .fw atau .bin.
Kemudian jalankan program yang digunakan untuk mengupgrade firmware, upgrade dengan firmware yang telah anda dapatkan.
Jika CD driver anda hilang, anda dapat mendowload firmwarenya di website produk mp3 tersebut, atau bisa juga anda cari di website http://www.s1fw.com/ , cari kode firmware yang sesuai dengan kode yang tertera pada papan chipset MP3 anda misalnya ATJ2085, ATJ2015 dll.

Semoga Berhasil

1 comment: